Posted by : FX. Made Setianto Senin, 16 September 2013

Daftar isi diperlukan untuk mempermudah pembaca makalah, buku, skripsi dll. Untuk itu, perlu ditata dengan rapi. Banyak cara untuk menyusun daftar isi pada dokumen MS Word 2007, salah satunya dengan kelebihan otomatis tersusun yaitu dengan cara berikut. Ikuti langkahnya dengan cermat!








Referensi: http://office.microsoft.com/id-id/word-help/membuat-daftar-isi-HA102824256.aspx

Cara Penomoran Halaman yang Berbeda pada Word 2007
Seandainya kalian dihadapkan kasus di mana diminta membuat file dokumen Word yang terdapat 2 type penomoran halaman, misal di bagian Kata Pengantar, Daftar Tabel, Daftar Isi menggunakan angka romawi kecil (i, ii, iii, iv, dst) sedangkan mulai dari Bab 1 Pendahuluan sampai Daftar Pustaka dan halaman Lampiran menggunakan angka arab (1, 2, 3, ..., 12, dst), beginilah caranya:

  1. Siapkan file Ms Word dokumen atau makalah  yang akan diberi nomor halaman
  2. Silakan klik Insert pada grup Header & Footer kemudian klik Page Number lalu pilih Bottom of page dan klik Plain Number 2.
  3. Secara otomatis halaman 1 akan muncul pada halaman judul. Jika anda ingin merubah format angka  menjadi angka romawi bisa dengan cara klik pada Page Number dan pilih Format page numbers. Pada number format pilih i,ii,iii. kemudian klik OK, maka nomor halaman akan berubah dari angka 1 menjadi i.
  4. Sampai pada pengaturan ini maka “SEMUA NOMOR HALAMAN MENGGUNAKAN HURUF ROMAWI KECIL”
  5. Untuk membuat halaman BAB I sampai dengan halaman akhir menggunakan format penomoran angka standar, maka halaman BAB I dibuat Section Break. Caranya adalah letakan kursor pada halaman BAB I, kemudian klik ribbon Page Layout lalu klik Breaks pada grup Page Setup. Kemudian klik Next Page. Sampai di sini new section break telah terbentuk.
  6. Klik ganda pada Footer atau nomor halaman BAB I, pada ribbon Design di grup Navigation, nonaktifkan tombol Link to previous. Klik tombol tersebut sehingga tidak berwarna kuning lagi.
  7. Kemudian hapus nomor tersebut lalu pada ribbon Design, group Header & Footer klik Page Number dan pilih Format Page Numbers.
  8. Setelah itu pada Number Format rubah format angka romawi (i, ii, iii,) menjadi format angka standar (1, 2, 3). Kemudian pilih Start at dan isikan dengan nomor 1 dan klik OK.
  9. Setelah sampai tahap ini, maka anda telah berhasil mengatur nomor halam dengan format berbeda, yaitu Daftar Isi dengan menggunakan format penomoran huruf romawi dan Bab I sampai akhir penulisan menggunakan format penomoran angka standar.
Mudah bukan?
Sumber http://amatookomputer.blogspot.com/2013/06/cara-mengatur-nomor-halaman-dengan.html

{ 98 komentar... read them below or Comment }

  1. ( 091414017 )

    tugasnya sederhana tapi sedikit membingungkan

    BalasHapus
  2. Tugas ke-tiga ini sangat bermanfaat, baru tau caranya membuat daftar isi.
    sedikit bingung, tapi masih bisa belajar.
    beruntung dapat tugas ini.

    nama : Ester (121414072)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. tugas ketiga ini sangat bermanfaat bagi saya, mengetahui bagaimana membuat daftar isi dengan lebih mudah daripada harus repot-repot manual hihihi karena belum tau caranya sebelumnya hehehe. tapi ya sedikit rumit

    BalasHapus
  5. nama: Adventa Eklesiawati
    NIM:121414005
    Kelas:A

    komentar saya tentang tugas 3 adalah mengesankan karena awalnya dipikir itu rumit ternyata wow bangey.

    BalasHapus
  6. titik.purwaningsih 121414074 kelas A....

    tugasnya seru.. tapi juga melelahkan.. tapi asiiikkk :)

    BalasHapus
  7. saya ga ngerti pak cara ngasih nomenya
    petrus(121414080)

    BalasHapus
  8. tugas kali ini lebih rumit dari sebelumnya dimana kita diajar untuk melakukan hal yang selama ini tidak kita lakukan tapi sering kita lihat di buku-buku.
    terima kasih sudah mengajarkan dan memberikan tugas ini. tugas ini sangat berguna untuk kami kemarin, hari ini dan nanti.

    BalasHapus
  9. putri seli
    121414014

    tugas 3 sangat membantu dalam membuat daftar isi dengan cepat dan mudah

    BalasHapus
  10. tugas 3 sangat bermanfaat..menmbah penegetahuan baru.. :)

    Nama : Raymunda R (121414010)

    BalasHapus
  11. Retna Widyanngsih
    121414045
    kelas A

    pertamanya susah sih karena tidak menguasai program komputer tapi setelah di ajari sama bapak eh ternyata bisa deh. ni sangat berarti bagi tugas-tugasku yang akan datang.

    BalasHapus
  12. menambah pengetahuan cara membuat daftar isi
    sederhana tapi bermanfaat
    121414031

    BalasHapus
  13. Nama:Maria Januaria Bay
    NIM :121414013

    Menurut saya dalam pembuatan daftar isi ini ada hal-hal baru yang saya ketahui.Praktikum ini juga menambah pengetahuan saya dalam pembuatan daftar isi menjadi lebih banyak.Terimaksaih bapak sudah membantu:)

    BalasHapus
  14. menambah pengetahuan cara membuat daftar isi
    sederhana tapi bermanfaat
    121414031

    BalasHapus
  15. Tugasnya cukup membantu mempercepat proses pembuatan daftar isi dalam proposal, makalah, laporan, dsb :) salutlah..

    - margarita.ika /121414078/ kelas A -

    BalasHapus
  16. Nama:Adventa Rafelina
    NIM:121414028
    Kelas:A

    komentar saya tentang tugas untuk membuat daftar isi yaitu mudah buuuuuuuuuuuuuuuuanget. :)

    BalasHapus
  17. Mikaela Yuliani/ 121414030/A
    Tugas ini lumayan rumit, tapi sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  18. Paulus Bala Tokan

    121414023

    Menurut saya tentang tugas3 mengenai cara membuat daftar isi merupakan suatu tugas yang sangat membantu saya dalam membuat daftar isi dalam suatu makalah. Terima kasih,..

    BalasHapus
  19. helen (121414025)
    tugas 3 menyenangkan,,,,,, membantu dalam membuat daftar isi

    BalasHapus
  20. sangat bermanfaat,banyak membantu ternyata ada cara lebih mudah tanpa harus manual..
    terimakasih bapak..

    jesee (121414081)

    BalasHapus
    Balasan
    1. cukup sulit,tapi ada manfaatnya juga
      ternyata ada cara yang mudah
      Selly (121414118)

      Hapus
  21. Wiwik (121414007)
    kelas : A
    Dalam mengerjakan tugas 3 ini saya menjadi tahu cara membuat daftar isi dengan lebih mudah.
    Trimakasih bapak

    BalasHapus
  22. Maria Evarista Oktaviane Barut
    121414011
    Kelas A.
    Tugas yang ketiga ini sedikit lebih mudah dibandingkan tugas yang kedua. Walaupun lebih mudah, masih ditemukan kesulitan-kesulitan dalam mengerjakannya.
    Tapi setidaknya saya mendapatkan pengetahuan baru dengan mengerjakan tugas ini..
    Terima Kasih Pak..

    BalasHapus
  23. tugas ini lumayan gampang cuma butuh ketelitian aja waktu ngasih heading.... tugas ini sangat bermanfaat untuk pembuatan makalah, skripsi, dll

    BalasHapus
  24. tugas ini lumayan lebih mudah dari tugas kedua, walaupun masih ada kesulitan-kesulitannya tapi ini juga bisa menambah pengetahuan tentang penggunaan MS. Word

    BalasHapus
  25. Richardo Adelberto
    Richardus Adelbertus Bala Ujan
    121414052
    awalnya sulit, trus setelah mencoba beberapa kali ehhhh ternyata bisa juga sipp dehhh.....

    BalasHapus
  26. Fransisca Erlin Yuniarti (121414065)
    Tugas yang ketiga ini menurut saya cukup mudah dibandingkan dengan tugas sebelumnya,,,,, tetapi membutuhkan ketelitian dalam mengerjakannya.....

    BalasHapus
  27. Erna Putri Astuti / 121414067
    Tugas yg membuat daftar isi enggak susah, tapi susah banget. Dulu-dulu gak pernah buat daftar isi yg sesuai prosedur tersebut, alias ngawur. Tapi sekarang sudah tau caranya, dan sangat berguna sekali untuk skripsi besok.
    Terima kasih, Pak.

    BalasHapus
  28. Nella Rusliman ( 121414086 )
    Tugas ini membuat saya lebih tau tentang cara-cara mengolah data dalam ms.word..

    BalasHapus
  29. Oki Risandika (121414085)

    Menurut saya tugas ini lumayan mudah daripada tugas sebelumnya.

    BalasHapus
  30. sempat bingung membuat halaman berbeda pada dokumen yang sama
    tapi setelah bertapa sehari semalam saya menemukan caranya dan alhasil berhasil saya terapkan
    itu ceritaku, apa ceritamu..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. nambah NIM 121414069

      maklum hanyalah orang biasa yang tak luput dari apa itu yang namanya LUPA

      Hapus
    3. kalau ceritaku beda.... awalnya gampang trus akhirnya sulitt ini @ retweet leonardus kalau ceritamu

      Hapus
  31. stania mirandai putri
    121414077
    kelas B
    tugas ketiga ini lebih mudah dari pada tugas sebelumnya, namun tetap ada kesulitan yang saya alami saat membuat daftar isi. Tetapi tugas ini membantu saya nanti ketika akan skripsi atau ada tugas yang sama seperti ini.

    BalasHapus
  32. cindy (121414079)
    tugasnya kelihatan sederhana, tetapi cukup membingungkan.
    tapi dengan adanya tugas ini jadi tau trik untuk membuat daftar isi.
    tugasnya pasti sangat berguna untuk masa depan.

    BalasHapus
  33. sempat bingung...
    tetapi dengan segala usaha yang saya miliki akhirnya terselesaikan juga tugasnya...
    terima kasih pak atas tugasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketinggalan nim nya

      NIM;121414089

      pendidikan matematika kelas B

      Hapus
  34. David Hantoro
    121414062

    Menurut saya tugas 3 ini cukup rumit, tetapi di balik kerumitan yang saya alami, saya mendapatkan pengetahuan baru mengenai cara membuat daftar isi yang benar.

    BalasHapus
  35. Lintang (121414047/PMAT B)
    pertamanya mudah, tapi kok lama-lama ya ribet
    tapi dengan begitu saya jadi tahu cara-cara baru membuat daftar isi yang ternyata lebih mudah...buat bapaknya...terimakasih :)

    BalasHapus
  36. Rara Maharani (121414050)
    Tugas ke tiga ini memberi saya pengetahuan baru tentang membuat daftar isi secara otomatis sehingga kita mempunyai cara mudah membuat daftar isi

    BalasHapus
  37. David Hantoro
    121414062

    Menurut saya tugas 3 ini cukup rumit, tetapi di balik kerumitan yang saya alami, saya mendapatkan pengetahuan baru mengenai cara membuat daftar isi yang benar.

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. Dita Anggraini (121414051)
    menurut saya tugas ini tidak sesulit tugas 2. tapi tetap saja saya menemukan kesulitan yaitu saya harus bertanya keteman sana dan teman sini untuk mengubah halaman i dan 1,2 ,3 dst.

    BalasHapus
  40. Arinta Yudhi Laksito
    121414049
    Tugas yang ini memang terlihat mudah dari tugas - tugas lain, tapi ketika sudah mulai mengerjakannya masih ada kesulitan - kesulitan. namun, ada manfaatnya juga mempelajari materi ini, untuk besok jika membuat skripsi..
    terimakasih pak...

    BalasHapus
  41. Galuh R (121414055)
    tugas ke tiga lebih mudah daripada tugas sebelumnya tapi tetap memerlukan kesabaran karena diperlukan beberapa cara untuk menyelesaikannya,

    BalasHapus
  42. 121414057
    laurensius andi saputra

    menurut saya tugas 3 ini sangat bermanfaat sekali dan lebih praktis, dari pada sebelum"nya saya membuat daftar isi secara manual.
    namun agak rumit juga, tpi seru lah dan menambah pengetahuan saya.
    makasih pak :)

    BalasHapus
  43. Rina (121414068/ P.mat B)
    tugas ini tidak sulit tetapi saya bingung ketika membuat daftar isi menjadi halaman i pada halaman daftar isi. Ketika diganti mlah emua halaman menjadi i, tetapi tugas ini dapat bermanfaat sehingga tidak perlu banyak mengetik untuk membuat daftar isi.

    BalasHapus
  44. G. N. Yanu Kundhy A.
    121414083
    Tugas yang ketiga lebih mudah untuk dikerjakan. Walaupun untuk membuat romawi masih kesulitan. Sangat bermanfaat bagi saya, karena terkadang memberi nomor halaman adalah hal yang mudah namun menjadi sulit karena tidak mengerti. Sekarang, ilmu saya dalam bidang komputer semakin bertambah.

    BalasHapus
  45. G. N. Yanu Kundhy A.
    121414083
    Tugas yang ketiga lebih mudah untuk dikerjakan. Walaupun untuk membuat romawi masih kesulitan. Sangat bermanfaat bagi saya, karena terkadang memberi nomor halaman adalah hal yang mudah namun menjadi sulit karena tidak mengerti. Sekarang, ilmu saya dalam bidang komputer semakin bertambah.

    BalasHapus
  46. saya senangggg sekali dalam engerjakan tugas ini. serasa hidup semakin bermakna. hehehe

    BalasHapus
  47. fanny
    121414053

    tugas ini cukup mudah. saya dapat menyelesaikannya dengan baik. tugas ini memberi pengetahuan baru bagi saya

    BalasHapus
  48. Stepani Elsa
    121414038

    tugas ini sangat bermanfaat untuk setiap tugas yang memerlukan daftar isi.
    Petunjuk yang di berikan juga cukup mudah untuk di ikuti dan tidak berbelit-belit

    BalasHapus
  49. Nia Gracelita
    121414113

    Tugas ini menambah pengetahuan baru. Biasanya membuat daftar isi hanya dengan ketik manual dan menggunakan tab, ternyata ada cara yang lebih mudah dan otomatis untuk mengganti nomor halaman, juga mengedit daftar isinya.

    BalasHapus
  50. yoanna nungki
    121414004

    tugas yang ini cukup membuat rempong karena saya bingung cara memberi nomor halaman yang berbeda dalam satu file yaitu angka romawi dan angka desimal.
    dan saya baru tahu kalau ada cara membuat daftar isi yang lebih ringkas. trimakasih atas materi yang diberikan

    BalasHapus
  51. menurut saya tugas 3 tentang membuat daftar isi sangat bermanfaat. Awalnya saya anggap itu sulit tetapi ternyata cukup mudah. Intinya bermanfaat banget buat kita :)

    BalasHapus
  52. tugas ini sangat bermanfaat, saya jadi mengerti bagaimana cara membuat daftar isi secara baik, benar, dan singkat =D

    Maria Rosari (121414120 / P.Mat C)

    BalasHapus
  53. pertama saya bingung cara membuat daftar isi tapi setelah ada penjelasan cara membuatnya saya jadi mengerti dan tahu,,
    dan menurut saya untuk tugas ini lebih mudah dari tugas sebelumnya !!

    Yosep Yoswin ( 121414122 )

    BalasHapus
  54. GY. NOVITA SUTEJO
    121414114
    C
    terimakasih telah memberi kamu materi tentang pembuatan daftar isi ini, karena pembuatan daftar isi ini sangat bermanfaat sekali untuk saya.
    karena terkadang saya sering menyepelekan pembuatan daftar isi dalam tugas saya...

    BalasHapus
  55. Dewintia Agnes.121414106

    .Tugas 3. membuat daftar isi .
    sebenarnya simple sii. .tapi agak binggung.
    mungkin karena kurang terbiasa saja.
    :D

    BalasHapus
  56. Archa 121414097
    Tugas 3 ini bagus, walaupun kadang-kadang bingung.Yah, tetap semangat sajalah.

    BalasHapus
  57. Tina
    121414048
    tugas daftar ini bikin saya tau caranya bikin daftar isi, karena sebelumnya saya gak bisa bikinnya alias manual.. hhehe.. sip deh pak....

    BalasHapus
  58. tugas ini menambah pengetahuan kita, tapi dalam tgas ini bagi saya masih cukup bingung karena mungkin saya kurang mengerti dan tidak terbiasa menggunakannya...

    BalasHapus
  59. dian nugraheni (121414105)
    tugas ini sangat bermanfaat..
    saya baru tau caranya buat daftar isi..
    tapi masih bingung caranya mengubah angkanya mjd i..

    BalasHapus
  60. Tiara Puteri Puspitasasi (121414130)

    Tugas ini cukup mudah dibanding tugas yang kedua dan kembali mengingatkan saya pada materi SMA.

    BalasHapus
  61. Natalia Ika Eristaria
    121414056
    tugas 3 ini tidak serumit tugas 2. Ternyata membuatnya lebih gampang dan lebih cepat daripada dibuat manual. tugas ini sangat membantu dan memberi materi baru

    BalasHapus
  62. tugas membuat dafta isi ini membuat bingung, karena ini pertama kalinya saya membuat daftar isi. tapi setelah paham apa yang dimaksudkan, jadi lebih mudah dalam mengerjakannya

    BalasHapus
  63. tugas ini tidak serumit tugas pertama. Cukup memberi materi baru dalam pengoperasian ms word :)

    BalasHapus
  64. tugas membuat daftar isi ini agak sulit, tapi asikkk.....
    sehingga saya dapat lebih memahaminya dan mempermudah saya dalam pembuatan daftar isi, lebih praktis dan cepat....

    BalasHapus
  65. Menurut saya tugas membuat daftar isi awalnya susah tetapi setelah belajar ternyata mudah :)

    BalasHapus
  66. Chyntia Perwintan S
    121414076

    Tugas 3 tidak sesulit tugas sebelumnya,namun awal mendapat tugas ini cukup membingungkan
    namun setelah bertanya pada teman, saya jadi bisa mengerjakan tugas tersebut.

    BalasHapus
  67. Tugasnya sangat bermanfaat, awalnya tidak tahu cara membuat halaman yang berbeda pada satu file. Setelah tanya-tanya, akhirnya tahu caranya...

    Catharina Mara/121414033

    BalasHapus
  68. tugas 3 ini lebih sederhana dibanding tugas 2, tapi tugas 3 ini sangat berguna, lebih simple daripada membuat secara manual.

    BalasHapus
  69. sempat bingung membuat halaman yang memakai romawi,tapi setelah bertanya kepada teman-teman dan minta tolong bagaimana caranya, akhirnya tahu juga bagaimana mengerjakan daftar isi itu..

    BalasHapus
  70. Tugas 4 ini, rumit, lumayan susah juga, terutama membuat halaman yang berbeda
    tapi sangat bermanfaat untuk kedepannya

    BalasHapus
  71. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  72. tugas ke 2 ini sulit ga, hanya membingungkan karna terlalu banyak unsurnya

    BalasHapus
  73. Aprianus Paskalis P
    121414041
    cukup memusingkan tugas ini. jadi binggung gantiin keromawinya..

    BalasHapus
  74. Herlinda Ony Cariska
    121414090

    di tugas yang ke 3 ini membuat saya bingung dalam mengerjakanya. akan tetapi dengan tugas 3 ini saya jadi bisa mengerti cara membuat daftar isi.

    BalasHapus
  75. tugas ketiga ini sangat bermanfaat, dan kami telah mempraktekkannya pada pembuatan salah satu makalah. ^_^

    BalasHapus
  76. Meri Rosari
    121414001

    dari tugas ini saya tahu bahwa bembuat dafta isi itu tidak sembarangan.

    BalasHapus
  77. menurutku membuat daftar isi ini mudah apabila kita sudah mengerti, sangat bermanfaat, dan tidak perlu membuat daftar isi secara manual.. :)

    BalasHapus
  78. Revosita
    121414015

    tugas ketiga ini sangat bermanfaat, dan kami telah mempraktekkannya pada pembuatan salah satu makalah. ^_^

    BalasHapus
  79. SEPRIANI LILIANA

    saya sangat senang dengan adanya tugas 3 ini karena menurut saya dengan adanya tugas ini saya dapat belajar cara membuat daftar isi dengan mudah

    BalasHapus
  80. Membuat daftar isi dalam microsoft word cukup meyulitkan. apalagi membuat penomoran halaman berbeda dalam satu file. Namun, kini saya mulai tahu cara membuat penomoran tersebut dan lebih terbantu jika membuat makalah nantinya. thx

    121414037

    BalasHapus
  81. aduuuuuh........ini tugas ketiga susah banget.Udah tau caranya pun susah sekali buatnya,sempet bingung kualahan
    tapi sepadan lah sama pengalaman yang didapet

    BalasHapus
  82. tugas 3 yang diberikan ini agak rumit,namun jika kita memlihat maanfaatnya,ternyata tugas ini sangat membantu kita khususnya dalam membuat daftar isiu.agar kitra tidak kesulitan atau sangat mempermudah kita dalam membuat daftar isi.

    BalasHapus
  83. tugas 3 yang diberikan ini agak rumit,namun jika kita memlihat maanfaatnya,ternyata tugas ini sangat membantu kita khususnya dalam membuat daftar isiu.agar kitra tidak kesulitan atau sangat mempermudah kita dalam membuat daftar isi.

    BalasHapus
  84. menurutku membuat daftar isi ini mudah apabila kita sudah mengerti, sangat bermanfaat, dan tidak perlu membuat daftar isi secara manual.. :)

    BalasHapus
  85. tugas 3 pengantar komputer sangat berguna saat besok kita besok akan
    membuat skripsi....

    BalasHapus
  86. limayan bingung pak :o tapi buat tambah ilmu juga haha

    BalasHapus
  87. IDA KRISTIANA

    Tugas 3 komputer sebenarnya tidak rumit tapi agak susah...

    BalasHapus
  88. IDA KRISTIANA

    Tugas 3 komputer sebenarnya tidak rumit tapi agak susah...

    BalasHapus
  89. mengapa halaman pada daftar isi huruf romawi kecil menjadi kapital?

    BalasHapus

Total Kunjungan Halaman

Popular Post

- Copyright © medkomp.blogspot.com -Metrominimalist- Powered by Blogger